Cetak Label CD, Yuk Tambah Pengetahuan Anda

Berbicara tentang duplikasi CD murah, tentu Anda akan bertemu juga dengan cetak label CD. Sesungguhnya apakah yang dimaksud dengan cetak label CD tersebut? Mari ketahui lebih jauh sekarang. Baca selengkapnya di bawah ini.

Mengenal label CD

Nah, sebelum membahas lebih jauh, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apakah yang dimaksud dengan label CD. Karena berdasarkan pengalaman, masih banyak orang yang salah mengerti perbedaan dari cover dan label CD. Memang sepertinya terlihat sama, tetapi sesungguhnya keduanya merupakan istilah yang berlainan. Perbedaannya itu apa saja? Itu akan kami bahas sekarang dengan cukup mendetail, spesial untuk pembaca sekalian.

Pengertian: Label CD ini merupakan logo atau gambar yang dicetak dan digunakan pada piringan CD, tujuannya supaya CD itu memiliki label atau merk sesuai yang Anda mau. Untuk label CD dibagi jadi 2 jenis, yakni:

  • Label CD dicetak pada stiker (Label CD stiker)
  • Label CD diprint langsung pada permukaan CD (Original direct print)

Di antara ke 2 jenis label tersebut, mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pertama akan dibahas mengenai kelebihan dari original direct print, yakni hasil print yang jauh lebih berkualitas, lebih tajam, apabila Anda bandingkan dengan label CD stiker. Untuk segi presisi juga kualitas dari cetak ORI direct print terlihat sangat akurat. Pada lain sisi, kelebihan dari label stiker yakni harganya lebih ekonomis, dan hasilnya pun tidak seberapa jelek, walaupun masih kalah dibandingkan label CD stiker. Untuk stiker label ini mungkin bisa ditempel pada CD berlainan di kemudian hari.

Apakah Anda lebih mementingkan kualitas?

Jika jawabannya iya, maka kami merekomendasikan Anda untuk cetak DVD atau cetak CD memakai teknik yang kedua, Original Direct Print. Alasannya karena jika Anda mengacu pada value for money, harganya tak berbeda terlalu jauh, sementara hasil yang diperoleh memakai metode ini nampak lebih superior – Itu berlaku baik Anda melihat dari sisi akurasi, ketajaman gambar, dan ketepatan warna. Jadi tak dapat dibandingkan dengan metode label stiker.

Juga perlu untuk Anda mengerti jika bahan perekat atau adhesive yang dipakai di label stiker itu biasanya bersifat mudah terbakar atau istilahnya flammable, jadi lebih berbahaya. Berbahaya bagaimana? Berbahaya pada data yang Anda simpan pada CD tersebut, khawatir jika CD mengalami kerusakan, selain itu bahaya lainnya yakni resiko kerusakan di pemutar CD yang Anda gunakan. Jadi jangan sampai karena Anda menghemat sedikit kemudian akhirnya mengalami kerugian yang lebih banyak.

Kelebihan lainnya dari metode original direct print

1.Unsurpassed image quality

Jadi ketajaman gambar yang Anda dapatkan benar-benar tinggi, melebihi ketajaman gambar dari teknik cetak offset, dan support hingga 5760 dpi atau Dot Per Inch – di mana ini merupakan satuan yang digunakan dalam menilai pixel tinta.

2.Instant dry ink

Kelebihan kedua yakni memakai griptive special ink, jadi hasil CD pun akan langsung kering dan mengurangi resiko dari tinta mengecap ke kepingan yang lainnya ketika CD Anda tumpuk.

3.Biaya

Bagi pencetakan dengan jumlah di bawah dari 1000 set akan menghasilkan biaya lebih murah dibandingkan teknik cetak yang lainnya. Jadi value of money terpenuhi untuk jumlah < 1000 set tersebut.

Sekian artikel tentang cetak label CD, yuk tambah pengetahuan Anda, semoga bermanfaat. Jangan lupa, pastikan untuk menggunakan jasa cetak CD terbaik seperti di mitracd.com pusatnya percetakan maupun duplikasi CD,DVD hingga VCD dengan harga murah profesional.