Print dan Cetak DVD

Ada beberapa metode cetak untuk menempelkan media gambar di kepingan DVD. Salah satunya adalah dengan cetak DVD langsung atau direct print di atas permukaan kepingannya. Namun, jenis kepingan DVD yang digunakan pun harus printable atau mempunyai permukaan khusus. Adapun jenis kepingan yang printable ini biasanya memiliki lapisan khusus di salah satu sisi.

Lalu apa keuntungan cetak DVD dengan metode direct print? Berikut ulasannya.

  • Lebih hemat biaya—Anda tidak perlu lagi membeli label stiker secara terpisah, melainkan cukup membeli kepingan DVD printable. Dengan begitu, proses pencetakan bisa langsung dilakukan di kepingan DVD.
  • Lebih hemat waktu—tidak hanya hemat biaya, tetapi Anda juga lebih menghemat waktu. Sebab jika Anda mencetak gambar terlebih dahulu di label, maka Anda harus menempelkan satu persatu stiker label ke permukaan DVD. Berbeda halnya dengan metode cetak DVD secara langsung.
  • CD lifetime—metode direct print ini juga dinilai bisa meminimalkan potensi kepingan DVD rusak, sehingga akan memperpanjang umur DVD. Jika menggunakan label, biasanya akan terjadi pengelupasan akibat panas atau termakan waktu. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, sebab biasanya produsen DVD juga akan memperingatkan Anda terkait kelemahan penggunaan label.
  • Unsurpassed Image Quality—jika dilihat, hasil cetak langsung di permukaan DVD menghasilkan gambar yang lebih tajam dan persisi. Sebab proses cetak dilakukan dengan mesin khusus yang tentu berbeda dengan printer pada umumnya.
  • Custom DVD—Teknik atau metode direct print biasanya dimanfaatkan juga untuk mencetak DVD blank atau kosong. Bisa berupa double layer atau bahkan blueray kosong. Tentunya ada bagian yang dicetak dengan custom image, semisal logo perusahaan. Ini banyak menjadi pilihan di studio foto hingga company disc stock.

Jika dilihat, ternyata cukup banyak keuntungan yang didapatkan dengan pilihan metode cetak DVD langsung atau direct print. Pihak produsen pun biasanya menawarkan harga khusus dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Tetapi, tentunya metode ini sangat berbeda dan jauh lebih menguntungkan ketimbang metode manual dengan stiker label.